Rabu, 07 Maret 2012

Memanfaatkan Jejaring Sosial untuk Berbisnis

      Hadirnya situs jejaring sosial didunia maya, kian hari semakin menggila saja. Hampir setiap pengguna internet selalu menyempatkan diri untuk mampir ke situs yang satu ini. Dari mulai update status, say hello atau sekedar coment status orang lain.


       Diantara berbagai situs jejaring sosial , ada dua situs yang boleh dibilang paling digandrungi pengguna internet. Yah tidak salah lagi, situs itu adalah Facebook dan Twitter.
       Sebagai situs jejaring sosial boleh dibilang keduanya sama, namun ada sedikit yang berbeda. Dari fitur dan layanan yang disediakan, twitter nampak lebih sederhana. Tapi yang pasti kedua situs ini memiliki penggemar yang sama-sama besar. Dan hal inilah yang tidak disia-siakan oleh para pelaku bisnis atau usaha. Bisa dibayangkan lebih dari 800 juta pengguna situs jejaring sosial yang ada saat ini, bisa menjadi pasar yang sangat menggiurkan. 

      Selain peluang pasar yang begitu besar, kedua situs ini juga memanjakan pebisnis dengan kemudahan-kemudahan layanan. Mulai dari iklan yang berbayar sampai dengan yang gak ngeluarin duit sekalipun bisa, alias sekedar upload produk ke status facebook atau twitter saja. Sangat mudah bukan. Bagaimana tidak, untuk memperkenalkan produk ataupun jasa ke orang lain, kita tinggal upload alias klik saja dan itu pun bisa kita lakukan dimana saja. Namun mesti diingat untuk cara gratis yang satu ini, kita harus bijak dalam arti kepada siapa iklan itu ditujukan. Alih-alih promosi akan tetapi justru mengganggu privasi orang lain.

      Tak hanya itu, bahkan stasiun TVpun sudah mulai melirik situs jejaring sosial untuk melebarkan sayapnya. Tahu jargon iklan di TV “ Like this yoo….”, itu merupakan salah satu iklan yang memanfaatkan pesona jejaring sosial untuk memperbesar pangsa pasar mereka. Jadi sudah tidak diragukan lagi, bahwa selain sebagai “ ajang silaturahmi” jejaring sosial juga bisa dimanfaatkan sebagai pasar bisnis yang menjanjikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar