Selasa, 20 Maret 2012

" Monetisasi Blog "

Bagi sebagian orang yang gemar berselancar didunia maya, istilah blog pasti sudah tidak asing lagi. Hampir setiap yang berbau internet pasti berupa blog maupun website. Aktifitas-aktifitas didunia maya mulai dari searching, sekedar iseng, pengen tahu sampai yang sengaja menngunjungi blog-blog yang memang sudah kelas jempolan atau hanya sekedar ngintip blog-blog pemula yang sering diistilahkan blog amatir. Tapi apapun itu yang jelas, setiap kunjungan peselancar dunia maya ke suatu blog, bisa mengalirkan pundi-pundi rupiah bagi si empunya blog. Wow...... mau........, siapa sih yang ga mau dikasih duit?. Tapi untuk membuat blog kita mengalirkan rupiah, juga harus melakukan beberapa hal.



Dalam pengelolaan blog ada istilah yang dikenal sebagai monetisasi blog. Apa sih itu ? so, mari kita belajar bareng-bareng. Istilah monetisasi blog menurut mbah google adalah suatu cara atau metode yang diterapkan pada blog, agar blog tersebut memiliki daya tarik bagi setiap pengunjung, sehingga blog akan memiliki nilai jual tinggi. Kalo istilah sinetronnya memiliki rating yang tinggi.
Untuk memonetisasi blog ada hal-hal yang harus kita perhatikan, antara lain:
 - Pastikan bahwa isi dari blog yang kita tampilkan merupakan sesuatu yang bermanfaat.
Artinya setiap pengunjung yang mampir ke blog kita akan memperoleh suatu manfaat, sehingga mereka  juga tidak segan untuk berlama-lama diblog kita.
 - Usahakan tampilan blog dibuat menarik, sajian artikel yang menarik, dengan begitu pengunjung akan merasa nyaman.
 - Usahakan sesuatu yang kita tampilkan diblog adalah sesuatu yang original/asli, paling tidak sekalipun belum sebagus artikel blogger kawakan setidaknya hasil yang kita tampilkan merupakan karya asli bukan jiplakan alias copas.
 - Sertakan link-link artikel lain yang terkait dengan topik yang kita sajikan, sehingga pengunjung mendapat suatu materi yang bisa dijadikan referensi maupun pembanding. Dan kadang jika link yang kita tampilkan memiliki artikel-artikel yang menarik, ini juga bisa mendongkrak rating kunjungan ke blog kita.
 - Gunakan fitur-fitur yang bejibun didunia maya untuk semakin mempercantik blog kita, eit tapi ingat jangan terlalu banyak, klo ga mau loading blog kita menjadi lambat.
 - Jurus-jurus selanjutnya jangan sungkan - sungkan untuk mengundang sanak kerabat berkunjunng ke blog kita, selain meningkatkan kunjungan pasti ada kritik saran untuk perbaikan blog kita.
 Disini saya juga sertakan contoh web yang memonetisasi blog :
        1. www.industrybrains.com
        2. www.revenuepilot.com
        3. www.blogsvertise.com

Yah, mungkin hanya sekelumit yang bisa saya share disini. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi pembaca.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar