Minggu, 18 Maret 2012

Search Engine Lokal


Setelah sebelumnya kita bahas beberapa search engine Non-lokal, kali kita akan bahas tentang search engine lokal. Yang sudah pasti berbahasa dan dari Indonesia. Berikut analisanya.

1. fjbex
Karakteristik:
Search Engine dari Indonesia ini dikhususkan untuk belanja online.

Searching :
Dengam Search Engine yang mengkhususkan untuk mencari belanja online.

Indexing :
Forum-forum yang diindex dari jual beli di Indonesia, contohnya pada FJB Kaskus.

Pendapatan :
Pendapatan pada Search Engine fjbex.com  melalui sitem periklanan, SMS, dengan biaya Rp 2000,- per SMS.


2. UpdateBanget
Karakteristik:
UpdateBanget juga merupakan mesin pencarian (search engine) baik berupa data/pun informasi.

Seaching:
Dalam pengembangannya sendiri UpdateBanget didesain untuk melayani beberapa pencarian data ataupun informasi yang sesuai dengan kebutuhan si pemakai lokal.

Indexing:
Tahapan pertamanya, UpdateBanget menampilkan beberapa fitur terbatas pencarian berita, UpdateBanget mengindeks situs berita yang ada di Indonesia, baik diruang lingkup nasional maupun lokal. User bisa mendapat suatu informasi/berita dari hasil pencarian berdasarkan keyword (kata kunci) yang di inginkan.

Pendapatan
Pendapatan yang dihasilkan melalui iklan.

3. Findtoyou
Karakteristik:
Findtoyou ialah salah satu jenis mesin pencarianyang muncul dengan konsep yang lebih praktis dan spesifik dan juga memberikan beberapa pilihan kepada pengguna (user) dalam mencari data ataupun informasi.

Searching:
Memberikan beberapa pilihan kepada pengguna (user) dalam mencari data ataupun informasi seperti Ebook, file sharing, Document, image, musik, video dan sebagainya langsung di halaman depan websitenya.

Indexing:
Mengklasifikasikan pencarian, jadi pengguna dengan mudah milih jenis file yg mau dicari bedanya dengan mesin pencarian yang hanya dapat melakukan pencarian 1 ataupun 2 file.


Pendapatan:
Sebagian besar semua pendapatan dari iklan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar